Sunday, January 12, 2014

CIRI-CIRI POSTINGAN BERMUTU DAN BAIK

Tags
Assalamu'alaikum

Dikarenakan mudahnya mendapat akses internet dan mudahnya membuat blog, dunia blogging sekarang ini bisa dibilang sangat bergairah. Banyak sekali blog-blog bermunculan mulai dari blog pribadi, politik, media, kesehatan, dan jenis blog lainnya. Blog-blog tersebut menyajikan postingan-postingan yang berisi berbagai hal yang beragam. Berbagai gaya dalam penulisan postingan pun beragam pula, ada yang serius, santai, berapi-api, bahkan ada yang cenderung koplak (blog ini termasuk kategori yang terakhir)

Namun apapun jenis blog dan gaya penulisannya, ada beberapa aspek tentang penulisan postingan yang harus tetap diperhatikan terutama bagi anda penulis blog yang menyediakan informasi dan tutorial. Apalagi seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa tujuan utama para pembaca berkunjung ke suatu blog atau website adalah mencari informasi baik itu seorang pengunjung umum ataupun blogger sekalipun

- - - - - - - - - - -

Tapi kalau blog seperti blog saya ini sih tidak perlu memperhatikan aspek-aspek tersebut karena blog saya ini adalah blog suka-suka..
suka-suka saya mau menulis apa..
suka-suka pembaca bagaimana hendak menanggapi tulisan saya...
lha wong adminnya aja nggak jelas mau nulis apa.. dasar nggak niat..

#sruput kopi..

- - - - - - - - - - -

Kita acuhkan saja tulisan saya diatas karena itu berasal dari "Sisi Gelap" saya yang tiba-tiba terbangun, dan mari kita kembali ke pembahasan ciri-ciri postingan yang bermutu dan berkualitas. Postingan bermutu atau postingan berkualitas adalah postingan yang masuk ke salah satu atau lebih kriteria-kriteria berikut :

postingan, tutorial blog, blog, artikel yang baik, artikel yang berguna, artikel yang bermanfaat, postingan berkualitas, postingan top, postingan mantap

# PEMBACA BISA BELAJAR SESUATU

Dengan membaca postingan anda, pembaca bisa mendapat atau mempelajari suatu hal yang baru. Meskipun isi postingan yang anda sajikan adalah tentang hal yang sangat mendasar sekali, itu tidak menjadi masalah karena bagaimanapun juga postingan anda bisa sangat berguna bagi pembaca yang memang sedang membutuhkan. Semisal postingan "Cara Mudah Melakukan Cropping Gambar Dengan Photoshop", bagi mereka yang sudah mengetahui caranya memang terlihat sepele, namun bagi mereka yang belum mengetahui pasti sangat berguna sekali.

# PEMBACA TERDORONG MELAKUKAN SESUATU

Dengan membaca postingan anda, pembaca bisa mendapat dorongan untuk melakukan apa yang anda tulis, atau apa yang memang hendak pembaca lakukan pada awalnya namun dia masih bingung atau ragu-ragu untuk melakukannya. Dengan kata lain postingan anda memberi motivasi kepada para pembaca untuk bertindak. Semisal anda membuat artikel tentang cara mudah dan santai merampingkan perut, maka artikel anda bisa memotivasi para pembaca anda untuk segera melakukannya.

# PEMBACA BISA MERASAKAN SESUATU

Dengan membaca postingan anda, pembaca bisa merasakan suatu perasaan tertentu setelahnya, apakah itu perasaan senang, sedih, dll. Sebagai contoh, meskipun blog anda adalah blog bertema Diary dan anda hanya sekedar menulis kegiatan anda sehari-hari, namun sebisa mungkin libatkan pembaca anda. Atur sedemikian rupa tulisan anda sehingga para pembaca anda seakan-akan yang mengalaminya sendiri. Atau setidaknya bisa membuat pembaca anda "menggali" memorinya sendiri dan bernostalgia.

Dan untuk menunjang agar tulisan anda bisa masuk kriteria-kriteria diatas coba tips berikut :
  1. Beri instruksi di postingan anda : Bantulah pembaca anda dengan memberikan intruksi langkah demi langkah agar pembaca anda mudah memahami dan melakukan.
  2. Beri contoh di postingan anda : Berilah beberapa contoh agar menambah keyakinan pembaca anda atas apa yang tulis.
  3. Beri ilustrasi gambar : Berilah gambar agar memudahkan pembaca mendapat "suasana" isi postingan anda. Atau bisa juga agar pembaca lebih paham penjelasan anda.
Itulah beberapa kriteria postingan yang bermutu dan berkualitas. Dengan membuat postingan yang bermutu dan baik diharapkan blog anda bisa menjadi ramai pengunjung dan memberi manfaat bagi orang lain.

Wassalamu'alaikum

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "CIRI-CIRI POSTINGAN BERMUTU DAN BAIK" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.