Thursday, January 9, 2014

MAKNA LIRIK LAGU DANGDUT OPLOSAN

Assalamu'alaikum

Jika sekarang ini kita melihat di televisi terutama Trans TV, pasti kerap kali terdengar lagu dangdut yang berjudul "OPLOSAN". Atau jika kebetulan kita lewat di dekat penjual VCD yang biasanya banyak mangkal di pinggir jalan, pasti juga sering memutar lagu oplosan ini. Lagu karangan Nur Bayan tersebut sekarang memang lagi banyak digandrungi orang-orang. Nah lagu inilah yang kali ini kepingin saya bahas disini.

Tapi sebelumnya ada beberapa hal yang ingin saya jelaskan terlebih dahulu kepada teman-teman dan para pembaca sekalian. Bagi anda-anda yang antipati, benci, atau tidak suka terhadap lagu ini tolong dipilah-pilah lagi apa penyebab ketidak sukaan anda.
Apa karena genre dari lagu ini?
atau karena penyanyi atau grup pelawak yang menyanyikan lagu ini?
atau karena goyangan yang digunakan penyanyi dalam lagu ini?...
Jika ketidak sukaan anda disebabkan oleh beberapa faktor yang sudah saya sebutkan sebelumnya, sepertinya anda harus mengesampingkan dahulu rasa benci anda tersebut. Pada postingan ini saya tidak membahas tentang genre, penyanyi, atau goyangan yang biasanya mengiringi lagu tersebut, melainkan makna yang terkandung di dalamnya.

Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini banyak sekali pemberitaan baik di media elektronik dan media cetak mengenai korban-korban yang berjatuhan akibat minuman keras oplosan. Minuman keras oplosan adalah minuman keras yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lain selain bahan asli pembuat minuman itu. Seperti pemberitaan beberapa waktu lalu, terdapat puluhan orang yang mati konyol gara-gara minum minuman keras cungkrik yang dioplos (dicampur) dengan obat nyamuk oles dan spirtus. Terkadang juga dicampur dengan berbagai minuman suplemen. Minuman keras cungkrik sendiri biasanya disebut juga arak beras, silet, atau ciu. Selain kematian, dampak buruk lain dari minuman keras ini adalah impotensi dan gangguan saraf. Semisal yang terkena saraf mata, maka si pengkonsumsi akan mengalami kebutaan.
lagu dangdut, lagu favorit, acara TV, anti miras, kehidupan sosial, dampak buruk miras, goyang dangdut, penyanyi, pencipta lagu, presenter TV, cungkrik, ciu, oplosan

Duh.. lha udah tau gitu kok ya masih ada aja yang minum miras dan miras oplosan.... padahal sudah berkali-kali diberitakan dan sudah banyak juga jatuh korban. Apa nggak orang goblok itu namanya... koplak!!

Kembali ke lagu "OPLOSAN".. terlepas dari pembahasan tentang penyanyi dan goyangan yang lagi ngetren di TV, sebenarnya lagu oplosan ini menurut saya bagus. Selain enak didengar (karena pada dasarnya saya penyuka lagu dangdut), lagu ini juga mengandung makna dan tujuan yang bagus. Lagu "OPLOSAN" mengajak kepada semuanya untuk melakukan perbuatan baik yaitu menjauhi minum minuman keras. Kita semua tahu bahwa minuman keras tidak pernah dan tidak akan membawa kebaikan. Di dalam agama apapun saya yakin juga sudah dijelaskan dan ditekankan akan larangan dan dampak dari minuman keras.

Agar lebih jelas, berikut sudah saya tulis lirik lagu "OPLOSAN" dan bagi anda yang tidak mengerti bahasa Jawa sudah saya sertakan artian dalam bahasa Indonesia





Lirik Lagu Oplosan

Opo ora eman duite    [apa tidak sayang uangnya]
gawe tuku banyu setan    [buat beli air setan]
opo ora mikir yen mendem    [apa tidak mikir jika mabuk...]
iku biso ngrusak pikiran    [...itu bisa merusak pikiran]

ojo diteruske mendemme    [jangan diteruskan mabuknya]
mergo ora ono untunge    [karena tidak ada untungnya]
yo cepet lerenono mendemu    [ya cepet sudahi mabukmu]
ben dowo umurmu    [biar panjang umurmu]

Ugo sawangen kae kanca kancamu    [coba lihat itu teman-temanmu]
akeh sing podo gelempangan    [banyak yang bergelimpangan]
ugo akeh sing kelesetan ditumpakke ambulan    [banyak yang tidak sadar dinaikkan (ke) ambulan]

yo wes cukupno anggonmu mendem    [sudah cukup kegiatan mabukmu]
yo wes cukup anggonmu gendeng    [sudah cukup kegiatan gilamu]
yo mari mari, o yo leren leren no    [ayo mari, ayo berhenti]
ojo diterus terusno    [jangan diterus-teruskan]

Reff :
Tutupen botolmu, tutupen oplosanmu    [tutup botolmu, tutup (minuman) oplosanmu]
emanen nyowomu, ojo mbok terus teruske    [sayangi nyawamu, jangan diterus-teruskan...]
mergane ora ono gunane    [...karena tidak ada gunanya]

--------------------------------------------

Saya pernah menjumpai pendapat ketus dari teman saya tentang lagu "OPLOSAN". Dia bahkan melarang anaknya untuk mendengarkan dan menyaksikkan lagu ini. Lalu saya tanya apakah dia tahu apa arti lagu ini, dan diapun menjawab tidak tau. Saya sudah menduga dia bakalan menjawab 'TIDAK TAU' karena saya tahu teman saya tersebut tidak bisa bahasa Jawa. Dia menghindari lagu ini karena dia tidak menyukai para pemuda-pemudi presenter sebuah acara TV yang sering memunculkan lagu ini (saya rasa anda paham maksud saya)... Begitu saya terangkan makna dari lagu ini, dia cuma manggut-manggut sambil tersenyum.... ealah dasar....

Tapi apapun pendapat orang tentang lagu ini, bagi saya yang penting TARIK,MANG !!

Wassalamu'alaikum

Jika anda menyukai lagu diatas anda bisa membeli Kaset / CD Original-nya.
Lirik lagu diatas adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk lirik lagu yang terdapat di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan informasi.
SINICHINET tidak menyediakan link download lagu OPLOSAN.

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "MAKNA LIRIK LAGU DANGDUT OPLOSAN" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.