Monday, September 8, 2014

TIPS MENGHADAPI MASALAH RUMAH TANGGA PART 2

Assalamu'alaikum

Beberapa hari yang lalu ada teman bertanya kepada saya. Dia bertanya apakah saya tidak pernah mengalami pertengkaran dalam rumah tangga. Ketika saya jawab "pernah" eh dia malah mggak percaya, pasalnya dia tidak pernah mendengar atau mengetahui bahwa saya sedang bertengkar dengan istri.

Memang benar sih apa yang teman saya itu bilang, hingga kini hampir semua orang tidak pernah melihat saya dan istri saat sedang bertengkar. Dan itu karena saya dan istri tidak pernah "mempublikasikan diri" kepada orang-orang bahwa saat itu kami sedang mendapat masalah. Kami juga berusaha menyelesaikan permasalahan yang kami alami secepat mungkin. Untuk lebih jelasnya anda bisa baca postingan saya terdahulu yang juga membahas hal yang serupa.

Melalui kesempatan ini saya ingin berbagi lagi pengalaman kami saat sedang menghadapi suatu permasalahan dalam kehidupan rumah tangga. Siapa tahu pengalaman kami ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua dalam mengarungi bahtera kehidupan rumah tangga.

Ketika anda berdua sedang bertengkar, ada beberapa hal yang masuk kategori "JANGAN DILAKUKAN". Hal-hal ini wajib anda berdua hindari. Mengapa? Jika beberapa hal terlarang ini bisa anda hindari, anggap saja anda berdua sudah 50% menyelesaikan masalah anda. Sebaliknya, jika anda justru melakukan hal-hal terlarang ini, anda hanya akan menambah beban permasalahan... kalaupun anda berdua nantinya bisa "berdamai" lagi, hubungan anda berdua akan terdapat "bekas luka" yang tidak bisa disembuhkan, dan suatu saat "luka" tersebut akan terbuka lagi.

Hal-hal yang tidak boleh anda berdua lakukan adalah:

# Mengumpat dan menghina

Jangan pernah mengeluarkan kata-kata umpatan dalam 'bentuk' dan 'format' apapun, apalagi sampai menyebut nama-nama hewan para penghuni kebun binatang. Juga jangan menghina pasangan baik itu mengenai sifat atau fisik pasangan, terlebih lagi sampai-sampai membawa orang tua dan keluarga pasangan dalam hinaan anda... Fiuuuhh.. bisa fatal akibatnya..

# Main tangan / memukul

Sangat terlarang sekali terutama bagi anda kaum lelaki. Well gentlemen.. Jika anda adalah laki-laki sejati jangan pernah sekalipun anda melakukan kekerasan fisik terhadap istri anda!

iihhh sangat jijay bajai jika anda melakukan hal tersebut....

# Meninggalkan Pasangan

Jika anda masih ingin memperbaiki hubungan anda, jangan pernah anda meninggalkan pasangan anda. Jangankan meninggalkan rumah tanpa pamit, sekedar pisah ranjang saja sebisa mungkin jangan. Ingatlah.. menyelesaikan suatu masalah itu diawali dengan komunikasi. Nah bagaimana anda berdua bisa saling berkomunikasi jika yang satu pergi ke arah barat dan yang lainnya pergi ke arah timur, dan tidak mau saling ketemu.. bahkan menerima telepon saja tidak mau....

# Membanting barang

Jangan sekali-kali melakukan pelampiasan amarah dengan merusak barang-barang di rumah. Selain karena membuang-buang uang, siapa tahu barang yang anda banting itu sangat bernilai bagi anda atau pasangan anda... eman-eman, om-tante..

Juga jika anda melakukan pelemparan barang, itu sangat berbahaya bagi orang-orang disekitar anda. Bayangkan saja, bagaimana saat anda melempar piring ke tembok sedangkan di dekat situ ada anak anda. Akibatnya, anak anda terkena pecahan piring tersebut. Atau anda melempar barang keluar rumah dan tidak sengaja mengenai tetangga anda. Waduh.. jadi tambah runyam masalahnya, bro and sis...

Baca juga : TIPS MERAYU ISTRI YANG NGAMBEK

    Yang perlu anda berdua lakukan pertama kali adalah diam dan menenangkan diri, lalu ungkapkan permasalahan atau uneg-uneg anda kepada pasangan secara baik-baik. Dan akhirnya cari pemecahannya berdua. Jangan pernah menunda mencari jalan keluar sehingga masalah semakin membesar segede gaban.. (padahal Gaban aja nggak gede, yang lebih gede itu Ultraman dan Godzilla hehehe)

    Nah cukup sekian sharing pengalaman dari saya. Semoga pengalaman kami ini bisa membantu teman-teman dalam membina rumah tangga yang baik dan bahagia.. aamiin..

    Jika ada teman-teman yang ingin menambahi atau bertanya, silahkan tulis dalam kolom komentar di bawah atau PM saya.. feel free to do it...

    #sruputkopi

    Wassalamu'alaikum

    Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "TIPS MENGHADAPI MASALAH RUMAH TANGGA PART 2" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.