March 9, 2013

MASA PENGANGGURAN DAN MENCARI PEKERJAAN




Assalamualaikum Wr. Wb.

Mau cerita sedikit nih tentang masa-masa saya menganggur dulu pas begitu lulus dari bangku kuliah. Sebenarnya ada pemicunya sih kenapa kok tiba-tiba saya jadi teringat masa-masa 'suram' tersebut. Waktu di kantor ada seorang teman kerja dari bagian design yang suka banget dengan lagunya Iwan Fals.. nah kebetulan yang sedang 'diputar' dari HP-nya kala itu adalah lagu Bang Iwan yang berjudul 'SARJANA MUDA'.

Seperti para mahasiswa kebanyakan, saya pun memiliki angan-angan bisa langsung bekerja setelah lulus kuliah kelak. Bekerja di kantor sebuah perusahaan.. itulah angan-angan saya saat itu. Membayangkan betapa bangganya orang tua bisa melihat anaknya ini bekerja. Sebenarnya sudah terlintas dipikiran saya untuk kuliah sambil bekerja, tapi orang tua melarang agar saya bisa fokus kuliah dan lulus tepat pada waktunya.. ya saya menurut saja karena takut membuat orang tua kecewa jika saya membantahnya apalagi sampai melanggarnya.

Akhirnya saat kelulusan tiba.. Dengan bangga saya mengenakan Toga dan bergiliran satu persatu maju kedepan dengan teman-teman kuliah untuk menerima ijasah kelulusan. Saat itu sekitar tahun 2003. Dan gelar 'Sarjana Sastra' saya dapatkan. Yup.. masa itu memang betul-betul indah.

Baca juga : Tips Menghadapi Dunia Kerja

Keinginan untuk langsung bekerja pun menyeruak keluar. Langsung saja koran JAWA POS menjadi bacaan wajib terutama yang edisi tiap hari Sabtu, karena hanya di hari Sabtu lah banyak sekali iklan lowongan kerja (padahal sebelumnya paling benci dengan edisi hari Sabtu hehehe). Cetak pas foto dan print lamaran kerja juga sudah menjadi menu utama. Sampai-sampai para mbak-mbak penjaga puskrip tempat saya nge-print lamaran kerja hapal dengan kebiasaan tersebut.

Ternyata mencari kerja nggak segampang yang saya bayangkan, meskipun itu memakai gelar 'S1'.. Setelah berjalan beberapa bulan banyak panggilan, banyak interview, dan banyak tes yang saya lakukan tapi hasilnya tetap NOL BESAR alias ditolak. Saya juga menyadari mengapa sulit sekali saya dapat kerja. Ada beberapa alasan :

  1. Jumlah pencari kerja lebih banyak dari jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia.
  2. Belum adanya pengalaman kerja. 
  3. Juga tidak adanya keahlian khusus sebagai bahan pertimbangan diterima kerja

Selama masa pencarian kerja itu, entah kenapa saya sering sekali mendengar lagu Bang iwan 'SARJANA MUDA' tersebut. Juga sebuah lagu campur sari judulnya 'MENDEM WEDOKAN'.  Ditambah lagi 3 kali melihat film WARKOP DKI tapi saya lupa judulnya yang disitu ada ceritanya Bang Dono, Kasino, dan Indro sedang susah mencari pekerjaan setelah mereka lulus kuliah.

jobless, pengangguran, lowongan kerja, tanpa pekerjaan, curhat, mencari kerja, pengangguran intelektual, sarjana pengangguran, cara mencari pekerjaan, sulitnya mencari pekerjaanSetahun sudah saya menganggur. Nggak enak sama orang tua yang sudah susah-susah membiayai kuliah. Memang sih orang tua tidak pernah membahas masalah pekerjaan yang belum saya dapatkan, tapi hati ini tetep sedih. terkadang di malam hari saya menangis sendiri namun berusaha tanpa mengeluarkan suara agar orang tua tidak tahu. Apalagi kalau ditanyai oleh mbak penjaga puskrip tempat aku biasa ngeprint lamaran kerja 'masih belum dapat pekerjaan ya, mas?'..... duh bagaikan hati ini ditusuk pake keris lalu diongkek-ongkek ke kiri dan ke kanan

Hingga pada suatu hari, di sebuah iklan mini JAWA POS ada sebuah lowongan kerja dengan syarat : Lulusan Sarjana Tekhnik, pengalaman minimal 1 tahun, untuk posisi PPIC... langsung saja alamat tersebut saya kirimin lamaran. Nggak peduli yang dibutuhkan adalah Sarjana Teknik dan berpengalaman (padahal saya Sarjana Sastra dan tanpa pengalaman kerja), juga untuk posisi yang saya sendiri bahkan nggak tahu tugas-tugasnya seperti apa kelak.. wis pokok'e bondo nekat.

Sekitar 2 mingguan kemudian saya mendapat panggilan dari alamat tersebut. Pshyco test dan tes seputar PPIC saya jalani. Lalu kami diharuskan menunggu pengumuman siapa saja yang akan melanjutkan ke proses berikutnya yaitu wawancara.. saya nggak yakin akan bisa ikut ke proses selanjutnya karena saya merasa tidak bisa menjawab beberapa pertanyaan pada tes seputar PPIC itu. Begitu pengumuman sudah keluar, saya terkejut, kok nama saya juga ikut terpanggil? apa nggak salah? ato mungkin ada orang lain yang bernama sama dengan saya?..... sempat bengong juga tapi ternyata nama saya memang yang terpanggil.

Proses wawancara berlangsung, saya diwawancarai oleh Kepala bagian PPIC dan kemudian dilanjutkan lagi oleh seseorang yang baru kemudian saya tahu bahwa beliau adalah Kepala Pabrik.

"Saya sudah lihat hasil tes-mu.. kenapa kamu cuma menjawab 2 dari 4 pertanyaan?"
"Karena memang saya tidak tahu jawabannya, Pak..."
"gitu ya?..... kamu tau kalo jawabanmu yang pertama ini salah?"

Diiiieeeeeeggh... keringat dingin langsung meluncur. Dari 4 pertanyaan cuma bisa jawab 2, salah lagi salah satunya.... wah alamat nggak diterima ini..... pesimis kembali menghampiri. tapi hal tersebut tidak berlangsung lama karena beliau segera mengajari saya jawaban yang benar. Beliau juga memberitahu jawaban dari pertanyaan lainnya yang tidak bisa saya jawab.

Dan yang membuat saya tercengang lagi adalah saat beliau mengatakan "Besok kamu ditempatkan di bagian PPIC dan bapak ini adalah kepala bagianmu"
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Wuuuuuiih betapa senangnya saya saat itu. Sampai-sampai saat akan meninggalkan perusahaan itu saya tidak langsung pulang melainkan duduk-duduk dulu disebuah pohon di halaman parkir perusahaan.. mencoba meyakinkan diri sendiri. Saya juga membayangkan betapa senangnya orang tua saya nanti saat saya beritahu bahwa saya diterima kerja.

Saya ada beberapa tips kecil untuk adek-adekku semua yang sekarang masih berada di lingkungan sekolah dan perkuliahan :

            • Pelajari dengan sungguh-sungguh semua mata pelajaran / kuliah yang kalian dapatkan baik itu praktikum atau teori. Kita sering meremehkan apa yang kita dapatkan di sekolah dan kuliah terutama jika hanya teori. Jangan pernah menyepelekan suatu mata pelajaran meskipun kita belum paham bagaimana mengaplikasikan pelajaran tersebut di kehidupan kita.
              • Meskipun kita tidak menyukai salah satu bidang pelajaran (semisal pelajaran Accounting), jangan lantas ogah-ogahan terhadap bidang tersebut, karena siapa tahu kelak justru kita bekerja di bagian Accounting.
                • Jika mendapatkan kesempatan magang, pergunakanlah kesempatan itu dengan baik. Itu adalah kesempatan emas kalian merasakan dunia kerja yang sesungguhnya. Jangan lantas kalian beranggapan "Toh kita masih sekolah/kuliah, nyantai aja deh.....". Sekedar diketahui, biasanya proses magang digunakan para pemilik perusahaan untuk "ajang mencari" calon karyawan bagi perusahaannya kelak. Gunakan masa magang kalian untuk "PROMOSI" diri kalian. Jika pemilik perusahaan tersebut tertarik, kalian akan ditawari bekerja disitu selepas lulus sekolah / kuliah.
                  • Bekali diri kalian dengan beberapa keahlian. Meskipun kalian sekolah/kuliah di jurusan mesin, pelajari keahlian yang lain juga semisal tentang komputer, desain, bahasa Inggris, musik, publik relation, atau keahlian-keahlian lainnya. Tidak perlu hingga tahap 'Master' atau ahli, sekedar bisa saja sudah cukup.
                    Saya memberikan beberapa tips seperti itu karena jaman sekarang sangat sulit mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan sekolah/ kuliah yang kita miliki.. lebih seringnya malah menyimpang jauh. Tolong persiapan diri kalian dengan matang. Ubah cara berpikir kalian seperti seoarang pemain catur. Pemain catur itu tidak hanya memikirkan satu langkah kedepan, tapi dia memikirkan beberapa langkah kedepan beserta resiko dan jalan keluarnya.

                    Menjadi karyawan ataupun memilih berwirausaha, semua tetap butuh keahlian dan keyakinan diri. Sekali lagi tolong persiapkan diri kalian dengan baik. jangan sampai menyesal karena terlambat di kemudian hari.

                    Baca juga : Suka Duka Mendirikan Sinichinet

                    Mungkin cukup sampai disini dulu cerita curhatan saya tentang masa pengangguran dan mencari pekerjaan saya. Insyaallah akan saya lanjutkan ceritanya yaitu saat-saat saya bekerja di perusahaan tersebut (saya sampai sekarang masih bekerja disitu)

                    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

                    Blogger sekaligus anggota 'Ikatan Suami Takut Istri".. or so they said. Ngeblog untuk sekedar berbagi pengalaman dan tukar-tambah ilmu. Semoga anda puas dengan artikel "MASA PENGANGGURAN DAN MENCARI PEKERJAAN" yang SINICHINET sajikan, karena motto kami adalah "Anda Puas, Kami Lemas". 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami. Terima kasih sudah berkenan mampir.

                    87 komentar

                    pertanyaan ada, pilihan ganda pulak...cm bs jawab 2......n ketrima.....gud..gd..gud :D

                    Selamat yah Mas,turut bahagia juga ini akhirnya tiba juga waktunya untu k bekerja dan membuktikan hasil kerja kita kepada oang tua kita.

                    Bikin puisi kek atau syair yg indah....masa sarjana sastra ndak bisa bikin puisi sih? huh malah curhat .... aku kan ikutan sedih. hiks

                    ** kabur

                    Yah ... ngeliat postingan ini, saya juga jadi inget masa itu. Masih mending, mas S1 lhah saya ... cuma D3 mas.. namun alhamdulillah .. genap 1 bulan saya nganggur, akhirnya saya kerja juga. Cuma, tidak sesuai dengan pendidikan saya yang Accounting. Saya kerja jadi penyiar radio dan staf profuksi iklannya ... jauh ya .. ? Waktu itu saya cuma bilang ... alhamdulillah .. akhire kerjo Mak ...

                    saya dapat point yg sama mas..ketika pertma kali di terima bekerja..apa lagi pas kita..beri tau kbr itu pd orang tua...indah n berkesan..

                    sangking seneng rasanya...hampir sama kya habis pulang dari medan perang... :)

                    orang pinter kalah sama orang beruntung hehehehehehe

                    iya, mas. tapi kejadian ini bukan kejadian sekarang. ini kejadian 8 tahun yang lalu :)

                    aku bukan orang dengan sajak indah
                    atau orang dengan harum mawar
                    juga bukan orang dengan kemilau emas......
                    aku hanyalah orang dengan cahaya temaram
                    namun aku akan tetap tabah
                    karena masih bisa melihat dalam gelap..

                    wahai sedih pergilah kau
                    bukan aku yang pantas kau datangi
                    merekalah yg pantas untukmu
                    mereka yang slalu merintih
                    mereka yang slalu ragu
                    bukanlah diri ini.....


                    nah gimana puisiku?

                    itu di belakang pohon ngapain mas?
                    jadi tanda tanya tersendiri nih....

                    saya belum perna merasakan ngelamar kerja di kantoran atau pabrik seperti Mas Budy.
                    kalau ngelamar anak orang saya perna Mas..hehehehe

                    berarti kita sama, mas. nggak sesuai sama sekali dengan jurusan kita. malah sekarang saya di bagian IT

                    pulang dari medan perang dan menang lebih tepatnya, mas. hahahaha

                    biasa, mas. bercengkerama dengan penghuni pohon. enak ya mas KS bisa punya usaha sendiri dari dulu. saya sekarang juga mulai mencoba merintis usaha sendiri nih, mas, mulai dari buka warnet, jual komputer rakitan, design kartu undangan, spanduk, dan kaos.
                    biar besok-besok nggak ikut orang terus...

                    Wah,selamat ya mas.Jadi motivasi saya buat negjar impian tinggal 2 tahun lagi lulus kuliah.

                    kalau bang Haji baca artikel curhatan ini beliau pasti bilang...."ani....kamu sungguh...terrr.llaaaa..lu.."...sambil ngloyor

                    ckckck..... keren banget mas. posting puisi besok yah? makna amat dalam. nyaris sempurna ...keren 10x

                    Jika anda bekerja di PT, Rmh Sakit, Sekolah, CV, Pabrik, Perhotelan, Instansi Pemerintah dan BUMN membutuhkan sertifikasi ISO bisa menghubungi saya.

                    **numpang promosi mas :)

                    lha ini.... lha ini.... iklan gratis...
                    lain kali aku ta' buka aja blog iklan baris

                    ISO = Biso = bisa = racun ular, ati ati m'ba dipatok ular

                    orang pintar dan orang bejo sama2 minum obat anti masuk angin

                    namanya jaman kuno ya jaman itu?

                    hepi ending. ikut merasakan bahagianya. siip

                    saya nggak masuk angin, tp keluar angin alias kentut :p

                    kata orang jawa 'jaman sepur lempung'

                    maaf.. kolom ini haya utk orang yg sensitif saja

                    ani-ani kan pasangannya padi, kang........

                    kalo saya waktu SMP mulai mikir cita-cita yg tinggi jadi pramugari wkwkwkkwk.. namun sejak masuk SMK sudah punya angan-angan pengen jadi wirausahawn biar punya pegawai bukan jadi pegawai :D .pengen belajar berbisnis secara nyata.. semoga tercapai aamiin ^_^ .doain yoo :D ..

                    ternak lele kayaknya lumayan tuh pak budy :D .. coba anda ternak lelek atau bebek .gak ada salahnya nyoba loh hohohoho.

                    jadi males dengernya.. kuliah buang buang waktu buat nganggur ya?? *jare buku*
                    mikir mikir lagi ahh.

                    ini aneh juga.. lha orang kentut kok dihisap baunya

                    masalahnya sekarang itu udah termasuk jaman edan

                    psssst.. psssst.. awas, mas.. ada yg nguping pembicaraan kita lho
                    #bisik-bisik

                    sama cak... toss duluh,,,


                    itu pengalamanku banget. mencari kerja ga sampai-sampai....
                    dan saat ini akupun tetep berusaha,,,
                    harus bisa !!!!

                    Kalo boleh tau , pertanyaannya apa ya

                    klo memang ada skill dan modal mending jadi wirausahawan aja, tia chan

                    toooossss, kang indra......

                    tp klo saya boleh kasih saran lebih baik bikin usaha sendiri aja. ini saya meskipun masih berstatus karyawan orang tp udah mulai merintis usaha sendiri

                    pertanyaan yg seputar PPIC ta?

                    masalah layout cetakan yg paling efisien, perhitungan jumlah stok bahan, apa artinya 'FIFO', trus satunya aku lupa :p

                    klw jd pramugari ndak boleh ndut

                    bagi2 tips utk wira usaha donk

                    turut berbahagia , semoga sukses dan berkah selalu amin

                    amiiiiiiiiiiiin.. tapi sayang doanya terlambat hingga 8 tahun hahahahaha

                    hal pertama dan penting yg perlu disiapkan dalam membangun wirausaha adalah.... MODAL !! bagaimana caranya mencari modal? tanya saja pada rumput yg bergoyang wuahahaha

                    Sastra masuk ke PPIC, kalau rejeki memang tak bakal lari kemana..

                    Mampir kesini setelah lama absen....

                    Maaf,Mas baru bisa singgah...
                    Sibuk di dunia nyata sih.... :)

                    Semoga engga ada yg ngangur lagi deh :)

                    Udah lama saya engga mampir ke blog ini. jadi kangan saya hehehehe.
                    Ini blog baru saya mas :)

                    jangankan yg sarjana S1 yang lulusan SMA saja susah banget dapet kerja nya,apalagi yg dicari sesuai passion ... Ngebaca mas prnh 1th jd pengangguran seudah sarjana saya jd berfikir,yg 1th ngaggur aja masih semangat,lha saya baru hampir 2bulan ngaggur dah lemes kayak gini

                    waaaah....membacanya jadi ikut tercengang... bener deh tu iklan...orang bejo atau beruntung memang tak terkalahkan...hehehe

                    saya juga sedang melalui proses yg sama kaya mas budi, saya baru lulus dari okt 2012 itu berarti kurang lebih sudah 8 bulan menganggur skrg,sudah berpuluh-puluh kali ditolak ..

                    terkadang saya merasa dunia ini nggk adil, senior saya 3 angkatan diatas saya yg juga lulus wisuda bareng saya,yang pas di kelas sering minta bantuan ke saya,malah dia yg sudah mendapatkan kerja bahkan sudah pinda-pindah ..

                    tapi saya tetep semangat,allah tau yg terbaik buat saya..

                    kunjungan pagi sob...
                    mantap sob blog kamu...
                    n sngat informatif sekali...
                    jngn lupa berkunjung kembali ke blog saya ya...

                    http://seputar-edukasi.blogspot.com/

                    http://kumpulantipshebat.blogspot.com/

                    gak terhitung pekerjaan yang saya lamar....semuanya nol besar.jadi pengen lahir di jaman dulu.mungkin nyari kerjaannya ga sesulit sekarang.hah........

                    saya sedih, sudah 9 bulan menjadi pengangguran, tak ada pemasukan, uang habis untuk print lamaran kerja, cetak foto, fotokopi, juga untuk transport dan biaya kirim lamaran ke kantor pos. saya sedih menjadi beban orang tua saya terus. maaf saya jadi curhat, tapi membaca artikel ini saya seperti melihat diri saya sendiri. bedanya, sampai sekarang saya belum bekerja. :(

                    saya bukan bejo.. saya budy, mbak nisa

                    semangat jangan pernah memudar. Roda kehidupan selalu berputar. tidak selamanya kita akan selalu berada dibawah. Allah pasti akan menunjukkan jalan apabila kita tetap semangat dan berusaha.

                    katanya orang tua saya, memang dulu nyari pekerjaan lebih gampang dari pada sekarang. dulu pekerjaan yg nyari orang, sekarang orang yg nyari pekerjaan.

                    Tp bagaimanapun kita nggak boleh memandang ke belakang krn kita tidak mungkin berjalan mundur. apa yg kita lihat haruslah masa sekarang dan masa depan karena itulah masa yang sedang dan akan terjadi. masa lalu hanyalah cerminan, dan masa depan adalah tujuan.

                    yang sabar ya, mbak. kesabaran pasti akan membuahkan hasil yang manis kok.

                    wohooo ini postingan yang pas untuk saya, saya juga baru lulus kuliah dan masih nganggur..hehehe... terimakasih sudah berbagi pengalaman dan tipsnya, mas.. :D

                    saya save postingan ini, supaya bisa terus dibaca dan direnungi lagi...

                    saya juga udah 3 bulan gabisa dapat kerja kecewa bgt rasanya setiap interview selalu gagal apa yg harus aku lakukan apakah menyerah ajja ini th :(

                    tenang saja, mas. dulu saya setahun menganggur baru kemudian dapat pekerjaan. yang penting tetap bersemangat untuk selalu mencoba dan mencari, serta menambah ilmu pendukung lainnya.. dan jangan lupa senjata pamungkasnya yaitu BERDOA :d

                    dulu juga pernah, sekitar 3 bulan, masa pahit tapi semuanya berakhir indah ada lgi pas gue mutusin ngundurin diri dan itu gue nganggur sekitar dua minggu sih, puji Tuhan dapet juga. eh ya share dong ceritanya disini http://goo.gl/NqElNy

                    saya tidak bisa menulis secara profesional makanya saya malu kalau disuruh sharing tulisan saya di empat lain. saya bisanya cuma menulis secara acak-acakan :)

                    Pengalaman yang menarik sekaligus tips yang bermanfaat,....terima kasih telah berbagi dan saling mengingatkan, Mas!

                    sama-sama, mas.... saya malah nggak ingat hehehehe

                    Wah,, kapan yha saya bisa dapet kerja juga kyk kmu,,, sya baru saja lulus D3, udh banyak saya kirim lamaran kerja kemana" tapai setelah tahap interview gak ada kbar nya lagi :( sedih bgt rasanya, mana IPK saya kecil cuman 2,96 , ingin bgt rasanya cpet" dpet kerja...

                    sekarang say ada di tahap yg pahit ini, berjalan 1 bulan nggur . y allah mhon di beri petunjuk utk sya

                    Saya sepertinya masih belum beruntung. Karena sudah 1 tahun masih menganggur. Sudah tes disana sini tapi belum juga dapat kerja. Sampai ga tau lagi harus bagaimana

                    Jangan dipaksakan komentar sesuai topik.. disini nyantai aja mah..
                    EmoticonEmoticon